Kamis, 05 Januari 2012

IDENTITAS NOVEL
Judul : Pada sebuah Kapal
Karangan : NH. Dini
Cetakan : Kedua, Tahun 1988
Tebal : 350 halaman
1.       Tema:
Cinta dan Perselingkuhan
Latar:
a. Semarang
b. Jakarta
c. Kobe, Jepang
d. Kapal
e. Perancis
2.       Penokohan:
a. Sri : penuh semangat, tegar, keras kepala, sabar.
b. Michel : sabar, penyayang.
c. Saputro : sabar, penyayang.
d. Charles : pemarah, pelit, egois.
e. Sutopo : perhatian, suka menasehati.
f. Carl : baik hati, sedikit sombong.
3.       Resensi
Novel Pada sebuah Kapal,diceritakan tentang kisah seorang wanita dalam hidupnya dan mengalami banyak masalah.Sang penulis cerita menggambarakan sosok wanita yang menjalani kehidupan dengan tegar,meskipun mengalami kegagalan dalam pernikahan.Hingga akhirnya pertemuan di sebuah kapal membuat dia menemukan cintanya meski dalam status istri orang.
Dalam cerita ini penulis menggunakan sudut pandang orang pertama,dan latar tempat yang memiliki hubungan terhdap hidup penulis.Tak jarang juga ditemukan bentuk gaya bahasa hiperbola,personifikasi dan simile untuk mengungkapkan perasaan tokoh.
Kebimbangan demi kebimbangan,serta perubahan perasaannya terhadap beberapa lelaki dalam hidup tokoh utama,mengalir dan diarahkan menjadi alur cerita yang berakhir happy ending namun agak sedikit menggantung.
Cerita ini ingin menyampaikan pesan bahwa dalam mengambil keputusan haruslah penuh pertimbangan dan ketika keputusan telah diambil,seseorang harus berani menghadapi apapun konsekuensi yang akan menghadang di depannya.Serta dalam memilih pasangan tak hanya mempertimbangkan aspek rasa namun juga watak sebenarnya harus diketahui dan dphami terlebih dahulu,sehingga untuk meminimalisir rasa penyesalan.





0 komentar:

Posting Komentar